The Relationship of Canva Media Application to Students’ Creativity in the Pancasila Student Profile Strengthening Project

Authors

  • Guntur Gunawan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Reva Noventi Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia
  • Lukman Asha Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia
  • Yuyun Yumiarti Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52760/ijerd.v4i2.52

Keywords:

Aplikasi Media Canva, Kreativitas Siswa, Projek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Aplikasi Media Canva merupakan salah satu aplikasi yang digunakan dalam kebutuhan mendesain baik poster, templet, baliho dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya hubungan (korelasi) antara aplikasi media canva terhadap kreativitas siswa pada projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 02 Rejang Lebong. (2) mengetahui seberapa besar tingkat hubungan aplikasi media canva terhadap kreativitas siswa pada projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 02 Rejang Lebong.

Metode dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi yang daimbil pada penelitian ini yaitu  siswa-siswi kelas V SDN 02 Rejang Lebong sebanyak 118 siswa. Sample pada penelitian ini sebanyak 30 siswa yang ditentukn berdasarkan teori Arikunto dimana sample diambil dari 25% jumlah populasi.  Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan angket (questioner) dan juga dokumentasi.

Adapun hasil dalam penelitian yang dilakukan penilitu ini yaitu menunjukkan bahwa (1) terdapat korelasi (hubungan) yang signifikansi antara aplikasi media canva dan kreativitas siswa yang di tunjukkan dengan nilai rhitung= 0,436, sedangkam rtabel dengan taraf signifikansi 5% dengan N=30 adalah 0,361 atau (0,436 > 0,361), (2) tingkat hubungan aplikasi media canva dan kreativitas siswa berada pada tingkat sedang atau cukup dengan rhitung = 0,436.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R. I. Pelatihan Penggunaan Canva Dalam Membuat Media Pembelajaran Daring. Padamu Negeri Kami Mengabdi Jilid 1: Pendidikan, Teknologi, Kesehatan, Pertanian, Perikanan, dan Pangan, 21.

Ali Muhson. “Pengembangan Media pembelajran berbasis teknologi informasi” Jurnal Akutansi Indonesia, Vol III, No.2 Tahun 2010.

Ahmad susanto, Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta: Amzah,2015).

Amos Neoleka dan Grace Amialia, Landasan Pendidikan Dasar Pengenal2an Diri sendiri Menuju Perubahan Hidup (Depok: Kencana, 2017).

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Drafindo Persada, 1987

Andriani Safitri, dkk, “Proyek Penguatan Profil pelajar pancasila Sebuah orientasi baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter siswa di Indonesia”,Jurnal Basicedu, Vol 6, No. 4, DOI: 10.31004/basicedu. 2022, hlm. 7078

Badan standar, Kurikulum, dan asesmen Pendidikan Kementrian, kebudayaan, Riset, dan Teknmologi Republik Indonesia, Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (Jakarta: Kencana, 2022)

Burhan Bungin, Penelitian kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijkan Publik dan Ilmu Sosial lainnya, (Jakarta: Kencana, 2007)

Daryanto, Media Pembelajaran, (Bandung : PT. Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera. 2012).

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar.(Jakarta: Rineka Cipta, 2002)

Dorado, M. A. (2020). ICT And Creativity in Architecture Teaching. In INTED2020 Proceedings (pp. 8756-8763). IATED.

Elvinasro Ardianto, Metodologi Penelitian Untuk Public Reations Kuantitatif dan Kualitatif, (Bandung, Simbiosa Rekatama Media, 2016).

Emzir, Metodologi penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015).

Garis Pelangi, Jurnal Sasindo, Unpam, Vol 8, No 2 Desember 2022.

Habib Hanafi,dkk, “Pengaruh Peresepsi Kemamfaatan dan Peresepsi Kemudahan Website UB terhadap Sikap Pengguna dengan pendekatan TAM”, Jurnal Basic edu2015.

Ibrahim, N., Chandra, A. Y., Saari, E. M., Prasetyaningrum, P. T., & Pratama, I. (2023). The Effectiveness of Web 2.0 Tools Training Workshop Using Canva and Figma in Developing Creative Visual Content. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 13(2), 35-45.

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006).

Irwan Gesmi dan Yun hendri, Pendidikan Pancasila (Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018).

Johni Dimyati, Metode penelitian Dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), (Jakarta: Kencana, 2013)

Leli Nurhayati Awaliah, “Pemanfaatan Media Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika”, Jurnal GAMMA NC.

Lexy Moloeng J, Metode Penelitian Edisi Revisi, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2011.

Lukmanul Hakim, Perencanaan Pembelajatan, (Bandung :Wacana Prima, 2008).

Meliana Dwi Ardana, dkk, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, Vol 3, Juli 2022, hlm. 417

Merrisa Monoarfa dan Abdul Haling, “Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan KOmpetensi Guru”, Jurnal Universitas Negri Makasar, Desember 2021.

Musfiqon, Panduan Lengkap Metodelogi Penelitian Pendidikan, (Jakarta; Prestasi Puatakaraya, 2012).

Nurdyansyah, S.Pd., M.Pd dan Eni Fariyatul Fahyuni. M.Pd.I Inovasi Model Pembelajaran (Sidoarjo:Nizamia Learning Center, cet: 1 2016).

Peter Salim dan Yenny Salim, Kamus Besar Bahasa Konemporer, (Jakarta:Modren,2002)

Riqqah Azzahra, Pengaruh fitur aplikasi canva terhadap kreativitas desain komunikasi visual mahasiswa ilmu komunikasi UIN Suanan Ample Surabaya. Skripsi 2021.

Sita Rosita dkk, ”Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak”, Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 4, DOI: 10. 31004/basicedu.202 2.6313-6319, Juli 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabetha, 2015.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Rineka Cipta, 2014 cetakan ke-15.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetesi Dan Praktiknya, (Jakarta: PT. bumi Aksara, 2008).

Tri Wulandari dan Adam Mudinillah, “Efektivitas Pengunaan Aplikasi CANVA Sebagai Media Pembelajaran IPA SD/MI”, JURMIA, Volume 2, No. 1, Februari 2022.

Utami Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak berbakat (Jakarta: RinekaCipta, 2012).

Wahyudi, W., Kusuma, D., Prihatnani, E., Yunianta, T. N. H., & Amin, N. F. (2023). Development of blended learning activities based on 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningful) to support creativity and good character students. Journal of Nonformal Education, 9(1), 10-22.

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati, Strategi Pengembngan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak, Jakarta: Kencana, 2011.

Yuliani Nuraini dan Bambang Sujiono, Bermain Kreatif, (Jakarta :Indeks, 2010).

Yundayani, A., Susilawati, S., & Chairunnisa, C. (2019). Investigating The Effect of Canva on Students’ Writing Skills. English Review: Journal of English Education, 7(2), 169-176.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Gunawan, G., Noventi, R., Asha, L., & Yumiarti, Y. (2024). The Relationship of Canva Media Application to Students’ Creativity in the Pancasila Student Profile Strengthening Project. International Journal of Education Research and Development, 4(2), 57–66. https://doi.org/10.52760/ijerd.v4i2.52

Issue

Section

Articles